Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Tanaman papaya merupakan tanaman yang mudah di cari. Hampir di seluruh desa di Indonesia terdapat tanaman buah papaya. Jika tidak ada di daerah sekitarmu, penanaman juga cukup mudah . jadi bisa menanam sendiri di lingkungan kalian. Tanaman papaya dari akar sampai dengan daun mengandung banyak manfaat. Dapat di gunakan untuk bahan makanan, untuk kesehatan hingga untuk kecantikan.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mnfaat salah satu bagian dari pahon papaya,yaitu daun papaya bagi kesehatan. Kira – kira apa saja ? langsung ke pembahasan yuk.

Manfaat yang pertama daun papaya adalah melancarkan pembuangan feses.

Jadi ketika kita mengkonsumsi daun papaya dapat memperlancar pembuatan kotoran kita. Tidak perlu menunggu lama – lama di kamar mandi saat pembuangan kotoran kita. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan menjadikan makan tersebut dengan sebutan “kulup”. Pembuatannya dengan cara merebus dari daun papaya lalu mencampurkan dengan kelapa yang sudah di sangrai dan juga di kasih dengan bumbu.

Yang kedua adalah meningkatkan trombosit pada tubuh.

Trombosit merupakan sel darah yang gunanya untuk pembekuan darah. Jadi jika trombosit kita menurun maka proses pembekuan darah tentunya sedikit terhambat. Penurunan trombosit dapat terjadi oleh beberapa factor yaitu demam berdarah , kekurangan vitamin dan juga saat kemoterapi. Nah, dengan ini mengkonsumsi daun papaya dapat meningkatkan trombosit yang ada di tubuh dengan cara mengkonsumsinya secara rutin.

Penyegahan penyakit demam berdarah

Sudah tidak asing lagi tentang penyakit demam berdarah. Apalagi ketika musim hujan begini banyak sekali nyamuk nyamuk yang berkeliaran. Dan yang paling utama adalah nyamuk aiges aidepsi . dan nyamuk aiges aigepti ini merupakan virus yang paling utama penyebab demam berdarah.

Pengobatan yang paling bagus adalah dengan cara menjadikan daun papaya sebagai jus. Dengan cara meminum 2 kali sehari.

Mengurangi nyeri haid / dating bulan

Khusus untuk wanita yang masih mengalami dating bulan di setiap periode atau di sebut dengan mens tidak sedikit wanita yang mengalami nyeri saat haid . kenapa ? karena pada proses haid merupakan meluruhnya sel telur yang tidak di buahi di dinding Rahim. Otomatis tentu sakitpun terasa.

Pengobatan yang sesuai untuk nyeri haid dengan cara merebus daun papaya tersebut di campur asam dan garam dan tunggu beberapa menit. Ramuan tersebut bila sudah mendidih maka harus di saring dan juga di minum secara rutin.

Daun papaya dapat mengurangi resiko berjerawat pada muka

Pada daun papaya terdapat kandungan yang di gunakan untuk mengurangi resiko berjerawat dengan cara digunakan sebagai masker.

Penangkal flu

Ternyata tidak di sangka-sangka penangkal flu terhebat adalah dengan mengkonsumsi daun papaya. Terdapat banyak vitamin A, C, E yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Cara mengkonsumsi yang di anjurkan dengan di jus dan diminum secara berkala. Karena jus daun papaya ini sangat ampuh untuk menghilangkan flu.

Ada sedikit tips tentang pemanfaatan daun papaya yang kebanyakan orang menganggap pahit adalah dengan cara merebus dengan sebentar daun papaya tersebut. Dan juga bisa merebusnya dengan campuran daun jambu biji beberapa lembar. Semoga tips ini membantu mengurangi rasa pahit ya

Selain untuk kesehatan juga daun papaya juga bisa digunakan untuk merebus daging agar cepat empuk.

Jadi kesimpulan dari artikel ini adalah  banyak manfaat yang bisa kita ambil dari tanaman yang ada di sekitar kita. Intinya kita tidak boleh menyianyiaan yang ada. Terus gali apa saja manfaatnya.