Cokelat Tidak Membuat Anda Gendut Malah Memberi Efek Bahagia

Cokelat Tidak Membuat Anda Gendut Malah Memberi Efek Bahagia

Banyak berbagai produk cokelat dengan merk tertentu yang diperjualkan di pasaran. Pabrik-pabrik pembuat merk cokelat tersebut, terkadang berinovasi dengan cara memadukan dengan rasa-rasa tertentu seperti tambahan susu, kacang mede, almond, buah-buahan, dan masih banyak lagi lainnya untuk meningkatkan cita rasa dilidah penikmatnya. Cokelat yang pada dasarnya dibuat dari buah kokoa, rasa aslinya pahit. Namun, dengan kecanggihan teknologi, buah kokoa tersebut di olah menjadi berbagai macam sajian berupa, minuman, cokelat batangan, sebagai selai roti, dan pelengkap sajian makanan hidangan penutup.

Cokelat Dapat Memberikan Efek Bahagia

Cokelat Tidak Membuat Anda Gendut

Banyak orang yang menyukai cokelat, apalagi cokelat dipercaya dapat meningkatkan mood seseorang yang memakannya. Cokelat dapat membuat seseorang bahagia, bukan dikarenakan cokelat mengandung bahan pembuat hati seseorang bahagia, melainkan rasa cokelat yang manis dan kandungan caffeine, theobromine, methyl-xanthine, phenylethylalanine mengandung molukel psikoatif yang mampu meningkatkan suasana positif dan mengembalikan good mood bagi sang pengkonsumsi.

Cokelat hingga terbentuk menjadi berbagai macam sajian, perlu melalui proses panjang dan memakan waktu yang cukup lama. Cokelat didapat dari biji cokelat yang mengandung alkanoid penyebab rasa pahit, mengandung protein 9%, karbohidrat 14% dan lemak 31%. Di dalam protein sendiri masih terdapat kandungan fenilalanin, tyrosin, asam amino triptofan dalam jumlah besar. Semua kandungan tersebut akan semakin bertambah, saat biji cokelat mengalami pengolahan dan dicampurkan dengan bahan2 lain terutama pemanis sintetis/alami. Buah kakao sendiri berbentuk hampir menyerupai belimbing dan daging kokoa juga bisa dimakan, walaupun rasanya agak hambar.

Kandungan cokelat yang bermacam-macam tersebut juga memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh manusia, diantaranya : antioksidan yang tinggi, mecegah dan melawan kanker, menurunkan tekanan darah, membuat panjang umur, meningkatkan gairah/libido, dan mengilangkan stres. Cokelat akan menjadi makanan berkhasiat dan tidak membuat gendut bagi sang pemakannya, apabila cokelat di makan dengan batas wajar dan tidak berlebihan pemanis sebagai pelengkapnya. Sebaliknya, cokelat akan menjadi salah satu makanan jahat atau berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu berlebihan seperti yang telah dilansir pada jurnal American Heart Association yang mengkaji penelitian terkait bahayanya cokelat.

Dalam jurnal tersebut memperingatkan pengkonsumsi cokelat untuk mengkonsumsinya dengan jangka waktu tertentu. Jika cokelat dikonsumsi setiap hari akan berakibat merusak dan menjadi bumerang bagi tubuh. Sesungguhnya, cokelat mampu mengurangi resiko gagal jantung, apabila dikonsumsi sekitar satu atay dua cokelat dengan kadar 19 sampai 30 gram dalam sepekan. Berbeda kondisinya saat cokelat dikonsumsi setiap hari, tidak akan dapat membuat penurunan perbaikan kualitas jantung. Fenomena tersebut, diakibatkan efek pelindung yang dimiliki cokelat akan hilang saat penyajian cokelat yang dikonsumsi tidak sesuai dengan takaran batas wajar, yaitu satu atau dua kali konsumsi dalam satu minggu. Rasa cokelat yang manis dan gurih tersebut, memang mampu membuat seseorang tidak dapat terlepas. Sensasi rasa baru di lidah, membuat penikmat coklat tidak henti-hentinya berpaling dari cokelat.

Keadaan tersebutlah yang terkadang, membuat seseorang terlalu rakus memakan coklat dan mengakibatkan cokelat bahaya bagi tubuh. Cokelat menjadi berbahaya dan dapat berdampak kegendutan, disebabkan oleh kandungan kadar gula dan lemak tinggi setelah melalui proses pengolahan campuran bahan, hingga mampu mengakibatkan obesitas bagi pemakannya yang terlalu sering. Karna, sesungguhnya setiap makanan akan menjadi lawan jahat apabila dikonsumsi terlalu berlebihan dan sering. Sehingga, hargai tubuh sendiri dengan cara mengkonsumsi makanan dalam porsi wajar, imbangi dengan olahraga teratur, serta perbanyak minum air putih guna memperlancar metabolisme tubuh.