Anak Kosan Wajib Baca Tips Hemat Ini

Anak Kosan Wajib Baca Tips Hemat Ini

Apakah anda termasuk seorang perantau yang tinggal di suatu kosan? Tentunya hal ini sangat menarik mengingat anda dituntut untuk dapat hidup mandiri dan jauh dari kedua orang tua. Kehidupan anak kosan memang penuh dengan suka dan juga duka. Tanggal muda tentunya menjadi salah satu momen favorit yang paling dinanti-nantikan.

Program Hemat Uang Saku Ala Anak Kos

Namun hal ini berbanding terbalik saat tanggal tua sudah menjelang. Jika tidak pandai memanajemen dana yang dimiliki, maka sudah dapat dipastikan bahwa di akhir bulan anda akan mengalami kesulitan yang cukup merugikan. Jadi sangatlah baik jika anda mampun menahan diri dan memanajemen pengeluaran yang ada. Nah, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan beberapa tips hemat yang dapat digunakan oleh anak kosan.

Tidak hanya anak kosan saja, tetapi siapapun harus mampun memanajemen keuangannya dengan baik. Namun anak kos lebih rawan terhadap suatu tindak pemborosan. Ujung-ujungnya anda akan kehabisan dana sebelum waktu yang ditentukan. Sekedar informasi, bahwa menjadi anak kosan merupakan sebuah sarana yang baik untuk membiasakan diri untuk hidup secara mandiri. Namun seringkali pengeluaran yang ada justru diluar kendali dan mengakibatkan menipisnya dana yang dimiliki. Hal tersebut dapat dicegah jika anda mengetahui beberapa tips jitu terkait manajemen dana.

Berikut ini adalah beberapa tips hemat yang dapat digunakan oleh anak kosan:

Mencatat Pengeluaran

Mencatat Pengeluaran

Apakah anda dapat mengingat seluruh pengeluaran yang anda lakukan akhir-akhir ini? Mungkin awalnya anda memiliki banyak dana. Namun lama kelamaan dana tersebut akan berkurang tanpa anda sadari. Padahal anda merasa tidak melakukan banyak pengeluaran. Maka dari itu buatlah sebuah catatan pengeluaran. Selain dapat digunakan sebagai rekam jejak, hal tersebut juga dapat dijadikan sebagai pengingat ketik berada diluar kendali.

 

 

Bawa Uang Secukupnya

Bawa Uang Secukupnya

Jika anda berkunjung ke suatu tempat, tentunya anda akan merasa gatal untuk membeli berbagai macam kebutuhan yang anda inginkan. Hal tersebut akan sangat berbahaya bagi anda yang membawa banyak uang di dalam dompet. Alih-alih menghemat dana, anda justru mengahabiskannya untuk membeli barang idaman. Maka dari itu bawalah uang secukupnya saja dan jangan terlalu banyak.

 

 

Mengumpulkan Uang Receh

Mengumpulkan Uang Receh

Mungkin jumlah dari sebuah uang receh sangatlah sedikit jika dibandingkan dengan uang saku yang anda miliki. Namun jika uang receh yang ada anda kumpulkan, maka tidak menutup kemungkinan bahwa nominalnya akan menjadi besar. Tentunya hal tersebut dapat anda manfaatkan sebagai sebuah amunisi untuk menghadapi krisis akhir bulan.

 

 

Membawa Bekal

Membawa Bekal

Mungkin sangat terdengar kekanak-kanakan jika anda harus membawa bekal ketika bepergian. Namun bekal yang anda bawa ternyata memiliki manfaat yang sangat besar. Selain dapat menjadi pengganjal perut yang mengeyangkan, bekal yang anda bawa mampu menyelamatkan dana yang anda miliki dari tindak pemborosan.

 

 

Mencari Tambahan Uang Saku

Mencari Tambahan Uang Saku

Tips yang ini mungkin sangat dianjurkan bagi anda yang sudah tidak memiliki kesibukan yang berarti. Anda dapat mencari pekerjaan sambilan atau beberapa hal yang mungkin dapat menghasilkan uang dengan cara yang baik. Selain menambah uang saku, kerja sambilan dapat membuat anda beradaptasi dengan cepat terhadap suatu lingkungan kerja. Namun anda harus pandai-pandai membagi waktu.

 

 

Itulah tadi beberapa tips hemat yang dapat digunakan bagi anda yang merupakan anak kosan. Tentunya hal ini akan sangat menarik mengingat banyaknya pengeluaran yang harus anda lakukan sehari-harinya. Kunci utama dalam berhemat adalah mengendalikan hasrat yang dimiliki. Dengan demikian, anda akan terhindar dari krisis akhir bulan.