5 Hal Yang Menjadi Kesalahan Mahasiswa Salah Jurusan

Pendidikan merupakan hal pokok penting yang wajib dijalani oleh semua kalangan masyarakat. Tanpa adanya pendidikan maka kebodohan akan merajalela di bumi ini. Dengan mengenyam pendidikan maka hidup seseorang akan bertambah tingkat derajatnya. Dengan tingginya derajat seseorang maka hidup seserorang akan lebih dihormati oleh orang lain.

Kesalahan Mahasiswa Memilih Jurusan

Kesalahan Mahasiswa Memilih Jurusan

Gaya hidup seseorang yang berpendidikan akan jauh berbeda dengan gaya hidup orang yang tidak berpendidikan. Banyaknya jumlah orang yang berpendidikan dalam suatu negeri sangat mempengaruhi pandangan dunia akan kualitas negara tersebut. Semakin baik pendidikan dalam negara tersebut maka semakin berkualitas masyarakat yang hidup di dalamnya. Dan semakin baik pula pandangan negara lain terhadap negara tersebut. Jaman dahulu kala pendidikan masih menjadi momok kesulitan yang menjadi penghalang masyarakat untuk hidup layak. Pasalnya, biaya pendidikan jaman dulu terbilang sangat mahal. Hal itu karena orang jaman dulu kebanyakan merupakan masyarakat kelas bawah yang mana hidup selalu dengan pas-pas an.

Hal tersebut tentu saja sangat berbeda dengan sekarang. Jaman sekarang sudah ada banyak sekali program pemerintah yang memudahkan seseorang dalam mengenyam pendidikan. Tidak hanya bagi sekolah menengan saja. Akan tetapi juga bagi sekolah tinggi atau yang biasa orang sebut dengan kuliah. Dalam dunia kuliah ada yang namanya jurusan. Nah jurusan ini yang menjadikan hidup seseorang akan lebih terarah kedepannya. Orang yang satu dengan orang yang lain pasti memiliki pilihan yang berbeda mengenai jurusan yang akan diambil. Pasalnya jurusan dalam kuliah akan sangat berpengaruh pada masa depan yang akan dijalani seseorang tersebut. Jurusan juga tentu saja menjadi pengaruh terwujudnya cita-cita seseorang tersebut. Nah tak jarang kita lihat ada banyak sekali jumlah mahasiswa yang salah dalam memilih jurusan.

Ada beberapa sebab yang menjadi faktor gagalnya mereka dalam memilih jurusan pendidikan tersebut. Seperti di bawah ini :

  1. Tidak adanya kemampuan mengenali diri sendiri. Orang yang salah jurusan cenderung kurang bisa memahami jati dirinya. Ia tidak bisa membedakan apa yang menjadi ambisinya dan apa yang menjadi kemampuannya. Seseorang yang mampu pada suatu bidang tentu ia akan memiliki rasa suka pada bidang tersebut. Namun tak jarang ambisi dapat mengalahkan semua itu. Sehingga akhirnya ia memilih jurusan yang bukan merupakan keahliannya.
  2. Adanya hasrat dan ambisi yang kuat untuk menggapai gelar tinggi bergengsi. Seseorang yang salah memilih jurusan biasanya adalah orang-orang yang sangat berambisi terhadap gelar yang akan didapatnya. Ia berfikir dengan masuk jurusan tersebut maka kelak ia akan dipandang tinggi di tengah masyarakat. Padahal yang terjadi justru ia gagal di tengah jalan karena masuk pada bidang yang buka keahliannya.
  3. Terburu-buru mengambil keputusan karena sudah putus asa. Nah hal yang satu ini biasanya dilakukan karena orang tersebut telah putus ada tidak bisa masuk pada jurusan yang ia inginkan. Sehingga tanpa pikir panjang ia memilih jurusan apapun itu dan pada akhirnya ia menyesalinya karena ia gagal di tengah perjalanan.

Orang yang salah dalam mengambil jurusan maka biasanya ia akan sulit dalam mencapai tujuan akhir menjadi seorang mahasiswa yang lulus dengan gelar. Kalaupun orang tersebut bisa menyelesaikan pendidikannya hingga akhir, maka tak jarang kita lihat orang tersebut akan sulit mendapakan pekerjaan. Hal ini karena tidak maksimalnya kemampuan yang ia punya pada bidang tersebut. Oleh karenanya untuk memilih jurusan maka harus dipertimbangkan sebaik mungkin.